You are here
Mengenal Kawat Bronjong Bahan, Jenis, dan Harga Umum 

Mengenal Kawat Bronjong Bahan, Jenis, dan Harga

Kawat bronjong merupakan jenis kawat yang mempunyai susunan anyaman kawat baja yang mempunyai bentuk kotak berlubang segi enam atau hexagonal. Kawat pada umumnya terbuat dari bahan logam yang berukuran panjang dan dapat untuk dibuat berbagai macam bahan dasar untuk membuat bangunan atau juga alat lainnya. Kawat merupakan konduktor atau penghantar listrik yang baik. Oleh karena itu biasanya kabel menggunakan kawat yang ada dibagian dalamnya karena memang digunakan untuk penghantar listrik.

Kawat jenis bronjong mempunyai dua jenis bahan yang digunakan. Pemilihan jenis bahan dasar tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya ketika membelinya. Adapun bahan dasar dari bronjong adalah:

– Bronjong dari bahan galvanis yang menggunakan lapisan kawat bahan yang anti karat. Bahan kawat ini selain anti karat juga sangat kuat ketika digunakan sehingga dapat untuk menjadi pilihan kawat yang digunakan untuk proyek berat.
– Bronjong dari bahan PVC merupakan kawat yang mempunyai atau dibuat dari bahan semi plastik. Kawat jenis ini lebih unggul apabila digunakan untuk proyek besar dan berat karena mempunyai dua lapisan bahan sedangkan bahan galvanis hanya satu saja. Kelebihan dari bahan ini juga mempunyai banyak warna yang dapat dipilih, anti abrasi dan juga erosi karena sudah anti karat.

Jenis kawat bronjong biasanya digunakan untuk mega konstruksi atau proyek dengan skala besar seperti pada kegunaan bronjong dibawah ini:

– Dapat digunakan untuk mencegah erosi sungai karena biasanya bronjong digunakan sebagai kawat untuk pembangunan sungai.
– Bronjong juga dapat digunakan dan dibuat sebagai lapisan dan penyangga tebing untuk menahan tanah sehingga tidak mudah longsor.
– Kawat ini juga dapat digunakan untuk normalisasi sungai agar air yang mengalir dari sungai dapat lebih lancar.
– Bronjong juga dapat digunakan untuk pelindung gorong-gorong.
– Bronjong juga bisa digunakan untuk bahan pembuat garis pantai agar melindungi dari gelombang yang sering naik. Jenis bronjong dapat digunakan untuk pemecah gelombang pasang.

Selain model kawat panjang yang dapat diaplikasikan untuk pekerjaan proyek, ada juga bronjong yang mempunyai bentuk dan dibuat kotak seperti keranjang. Untuk harga jenis bronjong bentuk ini adalah:

– Untuk ukuran 200 x 100 x 50 centimeters dengan sisi kawat berukuran 3,4 mm, kawat anyamnya berukuran 2,7 mm, dan lubang meshnya berukuran 18 x 20 cm dibandrol dengan harga 135 ribu rupiah.
– Untuk ukuran 200 x 100 x 50 cm dengan kawat sisi berukuran 3,4 mm, kawat anyam berukuran 2,7 mm, dan lubang mesnya berukuran lebih kecil yaitu 15 x 17 mempunyai harga 155 ribu rupiah.
– Untuk ukuran 200 x 100 x 50 cm, ukuran kawat sisinya 3,4 mm, kawat anyamnya 2,7 mm, dan lubang mesnya 8 x 10 harganya 205 ribu rupiah.

Sedangkan untuk harga bronjong yang dihitung per meternya dan akan membeli dalam jumlah banyak biasanya dapat dibeli langsung di toko bangunan dan juga banyak toko online yang dapat untuk menyediakan kebutuhan kawat dalam jumlah besar. Dengan membeli bronjong dalam jumlah besar sendiri nantinya tentu saja pembeli akan diberikan diskon juga yang cukup besar.

Penggunaan kawat bronjong memang lebih cocok untuk proyek besar seperti pembangunan sungai anti air dan dapat untuk mencegah erosi. Sehingga untuk harganya juga akan menyesuaikan dengan kualitas yang ditawarkan dari bahan, pabrikan, ketebalan, dan juga hal lainnya.

kawat bronjong

Related posts

Leave a Comment