You are here
Keindahan Wisata Curug Cihanyawar Garut yang Exotic Travel 

Keindahan Wisata Curug Cihanyawar Garut yang Exotic

Menikmati dinginnya pesona garut air yang jatuh dari tebing sangatlah mengasyikan. Untuk anda yang sedang mencari lokasi air terjun yang asri, mungkin Wisata Curug Cihanyawar Garut bisa jadi pilihan anda. Curug Cihanyawar berada di ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut ini menyajikan keindahan air terjun yang masih asri. Air yang sejuk jatuh dari ketinggian 16 meter menjadikan tempat ini sangat bagus untuk mencari inspirasi. Meskipun berada di daerah perkebunan PTPN namun anda masih bisa menikmati keindahan dari Curug tersebut dengan kocek yang lumayan terjangkau. Sudah ada jalan raya yang memudahkan anda untuk menuju lokasi airterjun Cihanyawar. konon katanya, mandi di Curug Cihanyawar akan mempermudah anda untuk bertemu dengan jodoh. tak heran banyak pengunjung yang datang ke sana untuk membukikan kebenaran dari mitos tersebut.

Wisata Curug Cihanyawar berjarak 15 kilometer dari pusat kota Garut. Untuk sampai ke Curug Cihanyawar, anda bisa mengarahkan kendaraan anda ke jalan Garut-Tasik. Sesampainya di persimpagan jalan ambil arah menuju PTP VIII Dayueh Manggung. Ambil jalan masuk ke arah kiri setelah menemukan persimpangan tersebut. Anda tinggal mengikuti jalan masuk kurang lebih sejauh lima kilometer hingga ujung jalanan aspal dan bertemu dengan jalanan tanah. Anda akan menemukan kebun pinus sebagai penanda batas perkebunan. Bagi anda yang membawa kendaraan roda empat,diwajibkan untuk memarkirkan kendaraan di sekitar kebun teh.

Hal ini karena akses jalanan yang lebih kecil untuk menuju tempat wisata di garut yang satu ini sangat tidak pas untuk kendaraan beroda empat. Anda harus berjalan kaki menuruni bukin sekitar dua kilometer hingga tiba di lokasi curug. jika anda ingin berhemat, nada bisa menggunakan angkutan umum di Terminal Guntur. Pilihlah kendaraan nomor 07 dengan rute Terminal Guntur garut- Bojongloa. anda juga bisa naik mikrobus dengan rute garut-Singaparna. Anda bisa turun di persimpangan jalan masuk perkebunan PTP VIII. anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek hingga jalan setapak yang disebutkan tadi.

Selain mitos yang beredar di Wisata Curug Cihanyawar Garut, anda akan menemukan panorama alam yang indah, air yang jatuh lewat tebing tinggi dan segarnya udara sekitar. Hamparan kebun teh alami juga akan melengkapi relaksasi Anda selama berada di sana. Anda bisa melakukan bermacam kegiatan seperti tracking, fotografi, atau sekedar mandi di Curug Cihanyawar. Berbagai macam flora yang tumbuh di sekitar air terjun sangat cocok untuk dijadikan objek poto anda. Anda akan menemukan perpaduan warna cantik antara bunga bunga dan pepohonan yang hijau.

Pohon kawung, pinus, lisamara adalah salah satu dari banyak jenis pohon yang berdiri kokoh mengurung Curug tersebut. Beberapa jenis binatang juga sering nampak dan berkeliaran di sekitar kawasan Curug. Anda tak perlu terkejut dengan minimnya fasilitas di Curug ini. Hanya ada sebuah masjid dan lapangan parkir yang seadanya, adalah salah satu dari banyak kekurangan yang akan anda temukan. Itupun masih masuk ke dalam kawasan pemukiman penduduk sekitar Curug. Anda juga tak akan menemukan kedai makanan disepanjang jalur tracking. Jadi disarankan untuk memabwa bekal sendiri jika tak ingin kelaparan selama di sana.

Wisata Curug Cihanyawar Garut memiliki tinggi terjunan air sekitar 16 meter. Air yang mengalir ke Curug Cihanyawar berasal dari Gunung Cipadurun yang memilik mata air Cikuray. Dengan panorama yang menjanjikan, menjadikan Curug Cihanyawar salah satu wisata alternatif anda yang jenuh dengan objek wisata perkotaan.

Related posts

Leave a Comment