Cara Mudah untuk Mengatur Uang Bulanan untuk Para Istri Pintar

Cara Mudah untuk Mengatur Uang Bulanan untuk Para Istri Pintar

Umum

Keuangan keluarga ditentukan oleh seberapa lihai seorang istri mengatur pengeluaran. Bekerja ataupun tidak, istri tentu mendapatkan uang bulanan dari pasangan. Untuk kebutuhan rumah tangga, istri harus pintar mengelola serta mengatur prioritas. Sayangnya tak semua istri paham dan pandai mengelola keuangan keluarga. Cara paling mudah sebenarnya adalah mencatat segala pengeluaran serta pemasukan yang didapat dalam sebulan. Pengelolaan gaji yang benar akan menghindarkan keuangan keluarga dari masalah defisit atau kekurangan. Terlebih tak harus meminjam kanan kiri dan dapat menyisihkan untuk sekedar menabung.

Mencatat pengeluaran dan dapat membantu Anda mengetahui alokasi penggunaan dana. Pengeluaran mana yang sekiranya bisa ditekan atau malah dihapus sama sekali. Guna mempermudah Anda mengatur uang bulanan, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut:

Cara Mudah untuk Mengatur Uang Bulanan untuk Para Istri Pintar

• Evaluasi pengeluaran
Mengevaluasi seluruh pengeluaran serta pemasukan harian hingga bulanan menjadi satu hal yang wajib. Sebagai istri, Anda harus benar-benar teliti dan detail mencatat setiap rupiah yang dikeluarkan. Salah satu cicilan KPR setiap bulan yang tak boleh lebih dari 25% gaji bulanan. Jika memungkinkan, carilah cicilan yang jauh lebih murah agar tak memberatkan. Evaluasi semacam ini dapat membantu Anda terhindar dari sifat boros. Pasalnya Anda memperhitungkan segala pengeluaran supaya tak melebihi pemasukan bulanan.

• Kuasai semua pengeluaran rutin
Menekan pengeluaran bulanan dapat disiasati dengan menyusun daftar pengeluaran rutin. Usahakan setiap bulan Anda sudah membuat sebuah daftar dan perhitungan rinci, mulai dari cicilan KPR, kredit motor, kartu kredit, sampai belanja bulanan. Buatlah 2 daftar yang berbeda, yakni pengeluaran untuk kebutuhan pokok dan kebutuhan tersier. Kebutuhan pokok pastinya memuat semua hal yang dibutuhkan keluarga dalam sebulan, seperti makanan, transportasi, servis kendaraan, sampai segala jenis tagihan. Sedangkan kebutuhan tersier layaknya liburan, hangout ataupun membeli barang-barang baru harus dialokasikan secara bijak. Anda bisa memberi sedikit alokasi dana untuk ini, sebab keluarga berhak mendapatkan hiburan ringan.

• Utamakan kebutuhan dari keinginan
Seringkali kita merasa suatu keinginan adalah sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Padahal sebaliknya, dimana keinginan Anda tidak terlalu penting daripada kebutuhan sehari-hari. Bagi para istri yang ingin bijak menekan pengeluaran, sebaiknya mulai bedakan antara keinginan serta kebutuhan. Buatlah sebuah daftar yang memuat kedua hal tersebut, bahkan sejak pertama kali Anda memikirkannya. Setiap kali Anda melakukan salah satu diantaranya, coret dari daftar tersebut. Namun tetaplah bersikap bijak dengan mengedepankan kebutuhan keluarga daripada keinginan pribadi.

• Siapkan tabungan sedari awal
Waktu yang tepat untuk menabung adalah di awal bulan, saat Anda menerima gaji dari suami. Sisihkan minimal 30% dari gaji bulanan untuk keadaan darurat dan pastikan untuk tidak menyentuhnya sedikitpun. Jangan sesekali mencoba mengambilnya hanya untuk memenuhi keinginan Anda. Presentase tabungan ini dapat meningkat sesuai dengan kebutuhan Anda di masa mendatang. Dengan menyisihkan tabungan di awal bulan, Anda tentu lebih bijak mengatur sisa uang yang dimiliki untuk kebutuhan harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *