You are here
Tips Cerdas Mengemudi Mobil Saat Terjebak Kemacetan Automotif 

Tips Cerdas Mengemudi Mobil Saat Terjebak Kemacetan

Tinggal di kota besar membuat Anda yang bepergian dengan mobil akan semakin akrab dengan yang namanya kemacetan. Kemacetan ini bisa semakin parah manakala memasuki jalan raya di jam-jam sibuk, misal jam berangkat sekolah, berangkat kerja, dan sebaliknya. Banyak orang sengaja menunggu sejenak agar terbebas dari resiko kemacetan namun sayangnya berimbas pada resiko pulang kemalaman. Tentu sama-sama tidak enak, padahal dengan menerjang kemacetan bisa jadi tidak perlu terjebak terlalu lama sehingga bisa segera istirahat.

Tips Mengemudi Mobil di Tengah Kemacetan

Berkendara dengan mobil di lautan kemacetan tentu butuh trik tersendiri agar bisa melaju seirama dengan pengguna jalan lain sekaligus tetap irit bensin. Berikut beberapa tips untuk menikmati pengalaman berkendara mobil di tengah kemacetan menurut otoupdates.com :

Tips Cerdas Mengemudi Mobil Saat Terjebak Kemacetan

1. Mengatur emosi dan belajar bersabar

Berada di jalanan yang macet membuat emosi Anda dan siapa saja mudah naik, sehingga memperparah kondisi. Bisa jadi Anda malah menangis karena terlalu lama berada di tengah kemacetan. Padahal Anda bisa menikmatinya dengan mendengarkan musik, bermain hp, dan lain-lain agar emosi tetap di sumbunya. Mengendalikan emosi juga berdampak baik bagi kenyamanan pengguna jalan lain agar tidak saling mengklakson.

2. Hindari teknik setengah kopling

Beberapa orang sengaja mengatur transmisi setengah kopling dengan maksud melancarkan gerakan mobil saat maju dan berhenti. Sayangnya teknik setengah kopling justru membuat kopling mudah panas dan akibatnya lekas aus, tidak menutup kemungkinan justru rusak di tengah kemacetan. Lebih mengerikan bukan? Maka hindari teknik setengah kopling, dan biarkan dalam posisi penuh supaya mesin tidak bekerja terlalu keras dan kopling pun lebih awet.

3. Atur transmisi di posisi netral

Kemacetan yang dihadapi bisa jadi berada dalam situasi yang sangat parah sehingga memaksa Anda berhenti di tengah-tengah. Agar mesin mobil tidak mudah bobrok dari efek kemacetan tersebut letakkan transmisi di posisi netral. Tujuannya untuk menghindari pedal kopling bergerak dengan sendirinya yang tentu membuat Anda mudah menimbulkan keributan karena menabrak kendaraan di depan. Posisi netral membantu mencegah kemungkinan tersebut, dan apabila menggunakan mobil matic. Maka tinggal memposisikan transmisi ini ke posisi D supaya kemacetan tidak memicu masalah tambahan.

4. Manfaatkan lampu isyarat dan sein

Kadang kala ketika terjebak kemacetan Anda berpikir untuk pindah ke jalur lain di sebelah yang dirasa lebih lengang. Maupun menimbang untuk putar arah sehingga perlu berkoordinasi dengan pengguna jalan lainnya. Yakni dengan menggunakan lampu isyarat dan lampu sein sehingga memberi tanda bagi kendaraan di belakang kalau Anda mau pindah jalur atau putar arah. Tujuannya agar diberi akses untuk tujuan tersebut, sehingga jangan asal langsung pindah jalur kalau tidak mau disemprot kendaraan di belakang dan memperparah kemacetan.

Related posts

Leave a Comment