Anti Oksidan Tertinggi Ada Di Buah Delima

Kesehatan

Kebanyakan buah memiliki kandungan anti oksidan, namun ternyata anti oksidan tertinggi ada didalam buah delima. Selain itu buah delima juga memiliki banyak sekali manfaat untuk mengibati berbagai penyakit dan untuk kesehatan tubuh.

Rutinitas, tumpukan pekerjaan seolah tak berujung, serta desakan waktu menjadi hal yang kerap membuat orang lalai memperhatikan kesehatan dan membuat kondisi serta stamina tubuh menurun.

Sementara, akhir pekan yang semestinya digunakan untuk beristirahat dan memulihkan kesegaran seringkali dihabiskan untuk melakukan aktivitas yang justru memeras tenaga dan pikiran.

Akhir pekan ini mungkin bisa menjadi saat yang tepat untuk memulai pola hidup baru, yang mengarah pada upaya-upaya untuk menyayangi tubuh. Caranya banyak, bisa dimulai dari menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Radikal bebas

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan zat penting, mengkonsumsi makanan bergizi ditujukan pula untuk mencegah masuknya kuman dan gangguan lain seperti radikal bebas yang antara lain berasal dari polutan, virus, bakteri, dan asap rokok.

Salah satu cara jitu untuk menangkalnya adalah dengan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas.

Cara untuk mendapatkan antioksidan ini sebenarnya mudah dan tidak memakan biaya besar, sebab berasal dari vitamin C dan E yang terkandung dalam bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari dalam pola makan yang sehat, manfaat antioksidan akan didapat. Bahkan banyak hasil penelitian yang mengungkapkan salah satu manfaat antioksidan untuk mencegah kanker.

Selain berasal dari vitamin C dan E, antioksidan juga terkandung pada buah-buahan sayur-sayuran yang berwarna yang juga disebut karotenoid. Karotenoid ini adalah pigmen warna yang banyak terdapat pada buah dan sayur mayur berwarna hijau, kuning-oranye, dan merah.

Patut pula diingat bila di dalam tubuh terdapat antioksidan hayati, sehingga untuk mengkonsumsi buah dan sayur dalam beragam jenis perlu diterapkan secara rasional dan berimbang.

Manfaat buah delima

Berbagai penelitian ilmiah telah mencatat bahwa buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian adalah sumber makanan yang mengandung antioksidan terbaik. Namun, dilansir dari situs Health Freedom pada tahun 2000, Profesor Michael Aviram, peneliti asal Israel menemukan sumber antioksidan lain yang kaya antioksidan yaitu buah delima (promeganate).

Disebutkan bahwa buah tersebut mengandung zat antioksidan yang paling tinggi. Hasil ini dibuktikan oleh para peneliti dari University of California, Berkeley. Buah delima mengandung senyawa elegik dan polifenol yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh.

Zat antioksidan pada buah ini dapat membantu mencegah aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah arteri akibat penumpukan kolesterol. Antioksidan ini terkait dengan pencegahan masalah kardiovaskular, karena dapat membantu memulihkan luka akibat aterosklerosis.

Hasil lain penelitian Aviram terhadap manfaat delima adalah mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) hingga 20 persen.

Dengan segala manfaat buah delima, diharapkan Indonesia dapat membudidayakan buah ini. Pasalnya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini dapat beradaptasi dengan iklim Indonesia, terutama iklim kering dengan suplai air yang mencukupi. Contohnya, di Nusa Tenggara Timur, buah delima dapat tumbuh subur.

Konsumsi yang alami

Banyak cara menuju Roma, banyak cara pula untuk dapat memetik manfaat buat atau sayur. Untuk buah delima terseebut misalnya, orang dapat mengkonsumsi dalam bentuk minuman kemasan.

Demikinalah ulasan menganai buah delima yang memiliki anti oksidan tertinggi dibandingkan dengan buah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *