paspor online

Apa Yang Membedakan Paspor 24 Halaman dan 48 Halaman?

Travel

Pastinya anda sudah seringkali mendengar yang namanya paspor. Terutama bagi anda yang memang sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena paspor ini merupakan dokument yang sangat penting sekali dimiliki oleh siapa saja yang akan melakukan perjalanan ke luaer negeri atau mengunjungi berbagai macam negara. Misalnya saat ingin pergi keluar negeri untuk melakukan ibadah umroh atau haji, liburan, bekerja di luar negeri,  menempuh pendidikan dan banyak lagi aktivitas atau kegiatan lainnya. Untuk membuat paspor juga sebenarnya tidaklah rumit. Asalkan anda memang sudah mengetahui mengenai persyaratan dan juga prosedur cara membuat paspor.

Selain itu juga supaya biaya yang nantinya harus anda keluarkan untuk membuat paspor ini menjadi murah, maka sebaiknya anda harus mengurus saja sendiri. Karena memang untuk biaya pembuatan paspor yang menggunakan calo, biayanya jauh lebih mahal. Kalau anda belum tau mengenai persyaratan dan juga prosedur pembuatan paspor online, silahkan bisa simak info yang akan kami kupas dibawah ini, diantaranya  yaitu :

  1. Siapkan berkas atau dokument yang dibutuhkan. Anda harus membawa yang asli dan juga fotocopy, diantaranya yaitu :
  • E-ktp, jika belum memiliki anda bisa melakukan perekaman di disdukcapil terlebih dahulu, atau meminta surat keterangan kalau sudah pernah melakukan perekaman.
  • Anda bisa memilih salah satu dokument diantaranya yaitu ada ijazah terakhir, surat baptis, akte kelahiran, surat nikah bagi yang telah menikah.
  • Kartu keluarga
  • Materai 6000
  1. Jika semua berkas atau dokument yang dibutuhkan sudah siap, maka anda bisa langsung menuju ke kantor imigrasi terdekat. Sebaiknya gunakan pakaian yang rapi, namun jangan menggunakan pakaian yang berwarna putih. Karena nantinya background foto berwarna putih.
  2. Agar tidak terlalu lama mengantri sebaiknya datang pada pagi hari. Bahkan sudah ada yang datang sejak jam 6 pagi untuk mendapatkan nomor antrian.
  3. Ambil nomor antrian dan isilah formulir yang telah tersedia
  4. Setelah nomor antrian dipanggil serahkan kepada petugas untuk dichek berkas. Nantinya anda akan mendapatkan nomor antrian lagi untuk melakukan sesi wawancara, foto dan juga sidik jari.
  5. Ketika sedang melakukan sesi wawancara akan ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Sebaiknya jawa jujur semua pertanyaan yang diajukan. Karena hasil jawaban anda tersebut nantinya akan menentukan pemberian izin pada paspor tersebut. Salah satu contoh pertanyaan yang akan diajukan seperti tujuan anda pergi keluar negeri, apakah hanya untuk jalan-jalan, melakukan ibadah, kuliah , sekolah , bekerja dan yang lainnya.
  6. Setelah itu anda akan diminta untuk membayar sejumlah biaya yang telah tertera di bank yang sudah di tunjuk.
  7. Paspor anda bisa diambil 3 hingga 5 hari setelah melakukan pembayaran. Jangan lupa anda membawa bukti pembayaran saat akan mengambil paspor tersebut di kantor imigrasi. Usahakan juga untuk datang pada pagi hari saat akan mengambil paspor tersebut.

Mudah sekali bukan proses pembuatan paspor ini. Untuk rincian biaya dari pembuatan paspor silahkan anda bisa menyimak infonya dibawah ini.

  • Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman Rp.155.000
  • Biaya untuk penggantian halaman paspor biasa 24 halaman yang rusak Rp.100.000
  • Biaya untuk penggantian paspor biasa 24 halaman yang hilang Rp.200.000
  • Biaya untuk pembuatan paspor biasa 48 halaman Rp.355.000
  • Biaya untuk Biaya untuk penggantian halaman paspor biasa 48 halaman yang rusak Rp.300.000
  • Biaya untuk penggantian paspor biasa 48 halaman yang hilang Rp.600.000
  • Biaya pembuatan paspor elektronik 48 halaman Rp.600.000

Lantas Apa Yang Membedakan Paspor 24 Halaman dan 48 Halaman? Apakah keduanya memiliki perbedaan yang sangat siginifikan. Berikut ulasannya mengenai perbedaan antara paspor biasa 24 halaman dengan paspor biasa 48 halaman.

  • Perbedaan yang pertama tentu saja mengenai jumlah halaman. Dimana untuk paspor biasa 48 halaman memiliki jumlah halaman sebanyak 48 halaman, dan untuk paspor biasa 24 halaman jumlah halamannya sendiri adalah 24 halaman.
  • Masalah biayanya juga untuk paspor biasa 24 halaman jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan untuk pembuatan paspor biasa 48 halaman.
  • Masa berlaku dari paspor biasa 24 halaman awalnya hanya 3 tahun saja, sedangkan paspor biasa 48 halaman 5 tahun. Namun saat ini masa berlaku paspor biasa 24 halaman pun masa berlakunya sama, yaitu 5 tahun juga.
  • Biasanya paspor biasa 24 halaman ini hanya digunakan oleh para TKI atau tenaga kerja indonesia yang akan pergi keluar negeri untuk bekerja. Sedangkan untuk paspor 48 halaman digunakan untuk umum. Namun sebenarnya paspor 24 halaman tak hanya bisa digunakan para TKI, kita juga bisa menggunakannya. Tapi memang ada beberapa negara yang menolak paspor 24 halaman ini.
  • Paspor biasa 48 halaman juga bisa digunakan oleh para TKI atau tenaga kerja indonesia.
  • Untuk para TKI yang baru pertama kali bekerja diluar negeri akan dibebaskan biaya pembuatan paspor 24 halaman. Namun jika mereka menginginkan untuk membuat paspor 48 halaman akan dikenakan biaya sesuai tarif yang telah di tentukan.
  • Perbedaan selanjutnya pada paspor 24 halaman dengan yang 48 halaman adalah ditandai dengan adanya 2 digut hurug yang mengawali nomor paspor tersebut. Contohnya adalah AN, AP atau AS.
  • Selain itu juga didalam paspor 24 halaman yang akan digunakan oleh para TKI untuk bekerja di luar negeri, akan di lampirkan pula visa izin kerja. Sehingga mereka pun menjadi TKI yang resmi bukan ilegal.
  • Kini untuk pembuatan paspor biasa 24 halaman sudah bisa dilakukan di seluruh kantor imigrasi seluruh Indonesia. Kecuali paspor elektronik yang hanya tersedia di kantor imigrasi tertentu saja.
  • Sebaiknya anda segera memperpanjang paspor yang sudah dimiliki sebelum 6 bulan masa berlakunya habis.

Bagaimana sudah mengerti dan paham mengenai perbedaan dari paspor 24 halaman dengan paspor biasa 48 halaman. Meskipun memang kedudukan dari kedua jenis paspor ini sama dan tidak memiliki perbedaan, namun terkadang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau ada beberapa negara yang tidak menerima paspor umum 24 halaman. Terutama bagi anda yang ingin menjalani ibadah umroh atau haji, maka sebaiknya anda memilih untuk membuat paspor biasa 48 halaman saja, yang bisa digunakan untuk umum, baik itu untuk perjalanan ibadah, liburan atau bekerja.

Meskipun memang untuk biaya yang dibutuhkan dalam membuat paspor 48 halaman ini lebih mahal dibandingkan dengan membuat paspor biasa 24 halaman. Semoga dengan informasi yang sudah kami bagikan mengenai perbedaan dari paspor biasa 24 halaman dengan paspor biasa 48 halaman ini semakin menambah wawasan untuk anda. Terutama bagi anda yang berniat untuk pergi keluar negeri dan belum memiliki paspor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *