Mitos Air Putih Sebabkan Berat Badan Naik

Kesehatan

Apa yang Anda lakukan jika Anda merasa haus yang teramat sangat? Kalau saya sih akan segera minum air putih sebanyak-banyaknya. Tahukah Anda ada mitos yang beredar, bahwa ketika kita minum banyak air akan membuat berat badan kita naik. Hmm benar atau tidak ya?

Tinggal dinegara tropis tentu membuat orang cepat merasa dahaga. Salah satu minuman yang dapat membuat anda segar kembali adalah air putih. Namun banyak masyarakat mengatakan bahwa minum air putih bisa menyebabkan berat badan naik dan kegemukan. Tapi apakah pernyataan bisa dipercayai? Berikut faktanya yang dikemukakan oleh dr. Nadia Octavia yang kami lansir dari Klikdokter dibawah ini.

Apakah air putih bisa sebabkan berat badan naik? (foto: heallthytips.blogspot.co.id)
Pertama, air putih tidak mengandung kalori sama sekali. Beda ceritanya jika air putih tersebut anda tambahkan sesuatu di dalamnya seperti gula atau kemasan minuman berupa sachet. Sekalipun air yang anda minum dalam jumlah banyak, berat badan tidak bakal bertambah pada esok harinya. cara menurunkan berat badan

Kedua, minum air putih membuat kalori anda terbakar. Bayangkan 500 ml air dingin membutuhkan 17 kalori tubuh agar suhunya sesuai dengan panas badan manusia.

Ketiga, minum air dingin juga tidak membuat badan anda gemuk, kecuali minuman dingin yang ada konsumsi sejenis soda, jus buah, teh, kopi ataupun susu.

Kebanyakan minum air putih sebabkan Hypernatremia (foto: healthtap.com)
Meski demikian mengkonsumsi air putih dalam jumlah berlebih juga tidak disarankan. karna bisa menyebabkan Hypernatremia. Akibatnya anda malah mual, muntah, merasa kebingungan, kejang otot sampai pembengkakan pada otak.

Jadi pastikan air putih yang anda asup telah memenuhi kebutuhan tubuh. Cukup dua gelas baik saat pagi, siang, sore ataupun malam hari. Kalau semua ditotal maka dalam sehari anda telah minum 8 gelas.

Kalaupun anda ingin mengkonsumsi minuman yang dingin dan manis pada saat-saat tertentu juga tidak masalah. Namun hati-hati terhadap kandungan kalorinya. Minum sebotol soda (150 kalori) dan segelas jus jeruk (40 kalori) saja dalam sehari kalau ditotal kandungan kalorinya sama dengan semangkuk nasi. Kalau kebiasaan itu anda lakukan terus menerus maka pasti berat badan bakal naik.

So, sudah jelas kan kalau air putih bisa menyebabkan kegemukan sebenarnya hanya mitos belaka dan tidak bisa dipercaya kebenarannya. Kalaupun anda ingin diet untuk menurunkan berat badan sebaiknya jangan terlalu banyak minum air putih. Anda hanya perlu konsisten dalam berolahraga dan menjaga pola hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *